Lakpesdam NU Kota Yogyakarta Ziarah ke Makam Mbah Nur Iman Mlangi

Makam Mbah Nur Iman Mlangi

Lakpesdam NU Kota Yogyakarta melakukan ziarah ke makam Mbah Nur Iman Mlangi pada 07 Maret 2020. Ziaroh banyak dilakukan terlebih ke makam-makam para waliyullah, yang mana tujuan dari ziarah ini ialah merupakan bentuk tazkiyatun nafs (menyucikan jiwa) serta mengingatkan diri bahwa manusia kelak pasti akan mengalami kematian. Di sisi mengingatkan kepada hal kematian, juga mengirim do’a pada yang telah lebih dulu meninggal dunia.

Sejarah singkat mengenai Kyai Nur Iman mempunyai nama asli yaitu Raden Mas Sandeyo, yang mana masih keturunan keluarga Kraton Mataram Yogyakarta. Kyai Nur Iman Mlangi mengarahkan agar Raja membangun Empat Masjid besar untuk melengkapi dan mendampingi masjid yang sudah berdiri terlebih dahulu yaitu masjid yang berada di kampung Kauman , di samping kraton. Masjid yang akan dibangun tersebut disaranklan oleh Kyai Nur iman dibangun di empat arah dan diberi nama Masjid Patok Nagari. Keempat masjid tersebut adalah di sebelah Barat terletak di dusun Mlangi, di sebelah Timur terletak di desa Babadan, di sebelah Utara terletak di desa Ploso Kuning, dan di sebelah Selatan terletak di desa Dongkelan.

sowan ke kediaman kang Mustafid

Setelah melakukan ziarah ke makam Mbah Nuriman, dilanjut sowan ke kediaman kang Mustafid. Dengan harapan mendapatkan pencerahan dalam membangun lakpesdam NU kota Yogyakarta dan meningkatkan kembali ghirah ke-NU-annya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: